Pantai Situngkir, Destinasi Wisata Baru di Kabupaten Samosir

Pantai Situngkir, Destinasi Wisata Baru di Kabupaten Samosir

Jangan kira keindahan pasir putih hanya dimiliki pantai pinggir laut, karena Kekayaan pasir putih juga dimiliki Pantai Situngkir di Desa Situngkir, Pangururan, Samosir, Sumatera Utara,yang berara di pinggir Danau Toba.

Pantai yang baru dibuka oleh Pemerintah Kabupaten Samosir kini menjadi tempat favorit baru dan menawarkan penginapan nyaman di pinggir pantai.

Meski tidak seramai Pasir Putih Parbaba, pantai ini juga sangat menawan.

Pantai ini memiliki pasir putih yang indah karena berada di bagian utara Pulau Samosir, pantai ini memiliki ombak yang cukup kecil.

Keadaan sekitar pantai yang dikelilingi oleh pepohonan membuat pantai ini cukup sejuk dan rindang.

Pemandangan pohon beringin dengan akar menjulang juga menjadi pemandangan yang menarik.

Areal pantai Situngkir juga sudah dilengkapi dengan Jogging Track serta balon balon pembatas pantai dan banana boat, spead boat dan kapal keliling.

Potensi pantainya yang diselimuti pantai pasir putih sepanjang 876 meter akan menjadi objek wisata yang bisa membanggakan Kabupaten Samosir.

Armin, penjaga penginapan Prima Hotel, menuturkan view Pantai Situngkir menawarkan view yang indah khususnya pada sore menjelang matahari terbenam.

"Jadi wisatawan dari luar kota bis sepuasnya menikmati keindahan alam sekitar saat menginap di hotel yang menghadap pantai ini. Per malamnya hanya Rp 300 ribuan dengan fasilitas lengkap dan nyaman," tambahnya.

Penginapan menghadap pantai tersebut membuat anda bisa sepuasnya menikmati view Danau Toba khususnya saat menjelang matahari terbenam.

Pantai Situngkir terletak di kecamatan Pangururan, kabupaten Samosir.

Untuk mencapai lokasi ini Anda bisa memilih satu dari 3 rute yang tersedia. Rute pertama adalah Medan-Berastagi-Kabanjahe.

Dari Tigaras Anda bisa menumpang fery atau kapal penumpang menuju ke Simanindo dan dilanjutkan ke Parbaba. Alternatif kedua bisa dicapai melalui Medan – Siantar.

Dari parapat Anda bisa menyeberang ke Tomok Parbaba. Sedangkan yang terakhir, Anda bisa menempuh Medan – Berastagi – Kabanjahe – Sidikalang – Tele – Parbaba.