Gua Kampret, Destinasi Wisata di Bukit Lawang, Langkat

Gua Kampret, Destinasi Wisata di Bukit Lawang, Langkat

Kabupaten Langkat, tepatnya objek wisata yang cukup familiar di mata wisatawan lokal dan luar negeri, Bukit Lawang, Sumut, kaya akan objek wisata gua.

Seperti halnya gua Kampret yang terkenal dengan semburan cahaya yang masuk seperti rongga.

Cahaya matahari yang menembus rapatnya celah-celah bebatuan di gua ini.

Tapi aroma menyengat dari kotoran kelelawar saat di dalam gua ini yang membuat nama gua tersebut disebut Gua Kampret.

Kampret sendiri memiliki arti kelelawar bagi masyarakat sekitar. Berbeda dengan makna "kampret" yang bermakna "sialan" bahasa gaul yang sering diucapkan anak muda.

Untuk mencapai gua tersebut, wisatawan juga tidak akan menemui kesulitan berarti.

Karena walaupun berada di dalam hutan, sudah ada petunjuk-petunjuk arah yang dipasang oleh masyarakat setempat, hanya memakan waktu 20 menit dari tepi sungai Bahorok, wisatawan sudah bisa melihat gua yang indah tersebut.

Sebelum sampai di mulut gua, ada penjaga yang nantinya akan menemani wisatawan untuk masuk gua.

Selain untuk melindungi jika ada binatang melata, juga menjadi pemandu wisatawan selama berada di dalam gua dengan kedalam 1 kilometer tersebut.

Atang, penjaga menuturkan untuk masuk ke gua tersebut tidak sulit. Hanya perlu mendaki sedikit untuk sampai di mulut gua. Untuk memudahkan wisatawan tanah dibentuk seperti tangga.

Kiri dan kanan jalur banyak akar-akar pohon yang dapat dijadikan pegangan untuk mendaki.

Wisatawan dihimbau menggunakan celana panjang, membawa senter dan air minum. Walaupun tidak dalam, guanya cukup gelap, dan lembab.

"Untuk jaga-jaga jika dehidrasi, air minum wajib di bawa ke dalam," tambahnya.