Airnya yang Hijau Membuat Danau Linting Disukai Wisatawan

Airnya yang Hijau Membuat Danau Linting Disukai Wisatawan

Siapa yang tidak pernah mendengar Danau Linting di kawasan Deli Serdang, objek wisata yang sedang ramai ini menjadi destinasi wajib bagi traveller yang melancong ke Deli Serdang.

Danau Linting terletak di Kawasan desa Sibunga-bunga Hilir, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Untuk menikmati keindahan serta kesegaran danau traveller cukup membayar uang retribusi sebesar Rp 5 ribu per orang.

Untuk menuju ke lokasi tersebut traveller dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat, namun perlu berhati-hati karena jalan menuju ke Danau tersebut belum benar-benar mulus.

Untuk rute Anda harus melewati Simpang terminal Amplas (Kecamatan Patumbak) kemudian masuk Desa Talun Kenas dilanjutkan ke Desa Siguci dan Desa Kuta Jurung selanjutnya Anda akan sampai di desa Sibunga-bunga Hilir.

Nurlaila, pengunjung, menuturkan sangat menikmati wisata Danau Linting. Walaupun jauh dari kota dan akses jalan yang kurang memadai, tapi keindahan Danau Linting layak diancungi jempol.

"Cuman di Danau Linting bisa main ayunan sambil berendam air panas di pinggir danau," katanya.

Jarak Danau Linting dari Kota Medan sekitar 70 kilometer, dan dapat ditempuh sekitar 2,5 jam perjalanan dari Medan melewati Tanjung Morawa dan masuk ke Desa Tiga Juhur, namun sedikit melewati akses jalan rusak. Atau melewati Delitua dan Patumbak, Deli Serdang yang sedikit lebih jauh hampir 3 jam lebih, namun dengan akses jalan yang diaspal dan tidak berlubang.

Sepanjang jalan menuju Danau Linting, pemandangan sejuknya perkebunan kelapa sawit, karet dan kelapa terhampar di kiri dan kanan jalan.

Di sekitar danau, masyarakat setempat banyak menjajakan makanan dan minuman ringan dengan harga yang terjangkau. Mereka dengan ramah juga menawarkan tikar untuk disewa pengunjung dengan harga Rp10 ribu-Rp 20 ribu tergantung ukuran. Dan pondok peristirahatan Rp 25 ribu.